Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal
News

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal

Maraknya platform pinjaman online membuat banyak korban karena tindakan ilegal yang muncul. Berikut cara cek pinjol legal atau ilegal.

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal – Meminjam uang secara online, atau sering disebut dengan istilah pinjol, kini cukup populer. Layanan ini harus berguna saat meminjam uang. Namun, pada kenyataannya, tidak semua Pinjor bisa diandalkan. Buktinya, ada orang yang tertipu. Hal ini juga disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara cek pinjol legal atau ilegal.

Keberadaan layanan pinjaman online ini sebenarnya legal. Namun perlu ditegaskan bahwa pemberi pinjaman itu legal dan harus terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk keamanan dan kenyamanan saat mengajukan pinjaman, silakan periksa legalitas pinjaman yang bersangkutan. Bagi yang belum tahu cara cek pinjaman legal atau ilegal, baca artikel ini sampai habis.

Pada 14 Oktober 2021, Detik.com melaporkan bahwa daftar layanan pinjol ilegal yang berhasil ditutup oleh pemerintah adalah 151. Nomor yang belum pernah Anda lihat sebelumnya akan digunakan. Instal aplikasi ini.

Kerugian Meminjam Uang dari Pinjol Ilegal

Meningkatnya pinjaman ilegal berarti Anda harus lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih pinjaman yang dapat diandalkan. Banyak pihak yang tertipu dan mengalami kerugian besar, yang bukan tanpa alasan. Sebelum Anda mengetahui cara memeriksa pinjaman legal atau ilegal, pertimbangkan empat konsekuensi terburuk dari mempercayai pemberi pinjaman online ilegal:

Tercurinya Data Pribadi

Kelemahan pertama dan terburuk adalah bahwa informasi pribadi Anda akan dicuri. Hal ini karena pemberi pinjaman online biasanya memerlukan akses ke berbagai fitur ponsel mereka. Dalam hal ini, jika pinjaman online ilegal, data seperti galeri foto dan kontak dapat dicuri dan didistribusikan untuk keuntungan pribadi.

Mendapatkan Bunga Tinggi

Waspadalah terhadap pinjaman ilegal karena mereka dapat menawarkan suku bunga rendah terlebih dahulu. Namun, seiring waktu, peminjam terus meningkatkan bunga. Bunga mungkin lebih tinggi dari pokok pinjaman. Jadi jangan sampai nanti meminjam dan susah melunasinya.

Tagihan Debt Collector

Kelemahan besar adalah mereka harus membayar cicilan tepat waktu. Jika tidak, mereka akan mengirim agen penagihan ke rumah Anda. Perlu dicatat bahwa agen penagihan ini akan melakukan segala kemungkinan untuk melanjutkan kondisi tersebut. Mereka bahkan tidak segan-segan melakukan kekerasan terhadap peminjam.

Cara Cek Pinjol Legal atau Ilegal dan Melaporkannya ke Polisi

Anda tentu tidak ingin melewatinya setelah mengetahui kerugian yang ditimbulkan, bukan? Namun sebagai pihak yang berwenang, OJK umumnya memberikan fasilitas untuk mengetahui pinjol mana yang legal atau ilegal, jadi jangan khawatir. Oleh karena itu, baca di bawah tentang cara mengidentifikasi pinjaman legal atau ilegal.

Cek Website OJK

Cara cek pinjaman legal atau ilegal yang pertama adalah dengan mengecek website OJK. OJK sebenarnya adalah pihak yang berwenang mengatur pinjaman tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat memeriksa pinjaman mana yang terdaftar dan mendapatkan izin dari situs resmi OJK. Panduan lengkapnya adalah:

  1. Klik tautan berikut untuk mengakses situs resmi OJK https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx
  2. Kemudian pilih saluran IKNB di sisi kanan halaman dan fintech di kanan bawah.
  3. Selanjutnya ada review bernama Financial Technology-P2P Lending. Ulasan tersebut memiliki tautan ke daftar pinjaman yang disetujui OJK.

WhatsApp OJK

Anda juga dapat menggunakan metode pengecekan pinjaman legal atau ilegal melalui WhatsApp. Prosedurnya sangat sederhana. Anda perlu menghubungi nomor WhatsApp resmi OJK, 081-157-157-157. Untuk memverifikasi legalitas pinjaman tertentu, cukup masukkan namanya. BOT WhatsApp kemudian memproses dan memberikan jawabannya.

Nomor Telepon OJK

Selain nomor WhatsApp, Anda juga bisa menghubungi nomor telepon 157 untuk mengecek pinjaman legal atau ilegal.

Email OJK

Bagaimana jika setelah mengetahui legalitas pinjaman, pinjaman yang Anda percaya untuk meminjam uang ternyata ilegal? Jangan panik karena Anda dapat menghubungi polisi setempat. Pengaduan juga dapat disampaikan melalui formulir https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan atau melalui situs aduankonten.id dan Twitter @aduankonten.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal  

Selain mengetahui cara cek pinjaman legal atau ilegal, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri umum pemberi pinjaman online ilegal. Ada juga perbedaan yang jelas antara pinjaman ilegal dan legal, seperti tingkat bunga, data yang diperlukan, metode penagihan, dan integritas manajemen dan organisasi. Lihat deskripsi di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Nilai Bunga

Suku bunga juga dapat menunjukkan perbedaan antara pemberi pinjaman online legal dan ilegal. Pasalnya, suku bunga diatur oleh Asosiasi FinTech Dana Bersama Indonesia (AFPI) dan tidak boleh melebihi 0,8%. Di sisi lain, jumlah semua bunga pinjaman, termasuk biaya tunggakan, adalah 100% dari pokok pinjaman.

Data yang Diakses

Selama proses aplikasi pinjaman, pinjaman biasanya memerlukan izin untuk mengakses beberapa perangkat di ponsel milik calon peminjam. Perangkat ini biasanya seperti mikrofon, kamera, tempat. Namun, peminjam tidak memiliki akses ke informasi pribadi seperti daftar kontak yang dimiliki oleh peminjam. Peminjaman ilegal dapat menyebarkan data pribadi korban secara tidak bertanggung jawab.

Cara Pinjol Dalam Menagih Angsuran

Sebagai aturan umum, pemberi pinjaman yang sah tidak mengumpulkan dengan cara yang kasar. Mereka biasanya mengumpulkan hingga 90 hari dari pembayaran yang terlambat. Hal ini berbeda dengan pemberi pinjaman ilegal yang tidak segan-segan memperlakukan peminjam dengan kasar dan membagikan informasi pribadi kepada teman dan keluarga untuk mengganggu peminjam.

Kelengkapan Pengurus dan Organisasi

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus terlebih dahulu memeriksa organisasi pinjaman online Anda. Hal ini karena OJK telah meminta kepada pemberi pinjaman wajib untuk menyampaikan laporan kepada anggota direksi dan pengawas. Pemberi pinjaman wajib melampirkan akta pendirian badan hukum, termasuk anggaran dasar yang disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Itulah informasi tentang cara cek pinjaman legal atau ilegal yang bisa Anda lakukan. Munculnya layanan pinjaman yang ada saat ini tentunya menuntut kita untuk selektif dan waspada. Lebih berhati-hati dalam memilih pemberi pinjaman, dan jangan mudah tergiur dengan pinjaman uang cepat yang jelas-jelas tidak terbukti legal.

Setelah membaca artikel tentang cara cek pinjol legal atau ilegal di atas, HolyHomes.org harap Anda memahami cara memilih pemberi pinjaman yang terpercaya. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir terkena trik dan penipuan berbahaya. Terima kasih. Saya harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat.

You might also like